Google+ Followers

Kamis, 21 November 2013

Legenda Kapal Hantu Flying Dutchman

Hai..., akhirnya setelah beberapa bulan lamanya blog ini kosong tanpa isi apapun maksudnya sehabis bulan juli sampai sekarang baru bulan november itupun juga sudah mencapai akhir. Oke, langsung aje gak perlu anyak bacot lagi...

Menurut cerita rakyat, The Flying Dutchman adalah kapal hantu yg berasal dari Belanda yg tidak akan pernah bisa berlabuh, tetapi harus mengarungi 7 lautan selamanya. Flying Dutchman selalu terlihat dari kejauhan, kadang-kadang disinari dengan sorot cahaya redup. Sebenernya ada banyak versi dalam cerita ini, nah yg bakal gue kupas entah versi apa elu terjemahin sendiri ya, tapi jangan di google translate kecuali kalau ini cerita mau elu artiin ke bahasa lain-_- Beberapa sumber terpercaya menyebutkan bahwa pada abad 17 seorang kapten Belanda bernama Bernard Fokke (versi lain menyebut kapten “Ramhout Van Dam” atau “Van der Decken”) mengarungi lautan dari Holland ke pulau Jawa dengan kecepatan luar biasa. Ia dicurigai meminta bantuan iblis untuk mencapai kecepatan tadi. Namun ditengah pelayarannya menuju Cape of God Hope tiba-tiba cuaca buruk, sehingga kapal oleng. Lalu seorang awak kapal meminta supaya pelayaran dihentikan. Tetapi sang kapten tidak mau, lalu dia berkata “Aku bersumpah tidak akan mundur dan akan terus menembus badai untuk mencapai kota tujuanku, atau aku beserta semua awak kapalku akan terkutuk selamanya” Tiba-tiba badai menghantam kapal itu sehingga mereka kalah melawan alam. Dan terkutuklah selama-lamanya Sang Kapten bersama para anak kapalnya itu menjadi jasad hidup dan berlayar di tujuh lautan untuk selama-lamanya. Konon, Kapal tersebut dikutuk untuk melayari 7 samudera sampai akhir zaman. Lalu cerita itu menyebar sangat cepat ke seluruh dunia. Nah walaupun sekarang zaman udah modern tapi tetep aja ada yg masih percaya sama mitos yg menyebutkan kalau ada kapal yg sedang berlayar dan awak kapal tersebut melihat kapal hantu Flying Dutchmen ini, kapal tersebut akan celaka bahkan tenggelam.

Tiap tahun juga katanya ada laporan yang ngelihat kapal serem itu:

1823 : Kapten Oweb , HMS Leven mengisahkan telah dua kali melihat sebuah kapal kosong terombang ambing ditengah lautan dari kejauhan, namun dalam sekejap mata kapal tersebut kemudian menghilang.
1835 : Dikisahkan pada tahun itu, sebuah kapal berbendera Inggris yang terkepung oleh badai ditengah samudera, didatangi oleh sebuah kapal asing yang disebut-sebut sebagai Kapal Hantu The Flying Dutchman, kemudian secara tiba-tiba kapal asing tersebut mendekat dan seakan-akan ingin menabrak kapal mereka, namun anehnya sebelum keduanya saling berbenturan kapal asing tersebut kemudian lenyap seketika.
1881 : Tiga orang anak kapal HMS Bacchante termasuk King George V telah melihat sebuat kapal tak berawak yang berlayar menentang arus kapal mereka. Keesokan harinya, salah seorang daripada mereka ditemui mati dalam keadaan yang mengerikan.
1879 : Anak kapal SS Pretoria juga mengaku pernah melihat kapal hantu tersebut.
1939 : Kapal ini terlihat di Mulkzenberg, beberapa orang yang menyaksikannya terkejut kerana kapal usang tersebut tiba-tiba menghilang.
1941 : Beberapa saksi mata dipantai Glencairn melaporkan sebuah kapal usang yg menabrak batu karang dan terpecah belah, namun setelah dilakukan penyelidikan di TKP, tidak ada tanda-tanda dari bangkai kapal tersebut.
1942 : Empat orang saksi telah melihat sebuah kapal kosong memasuki perairan Table Bay kemudian menghilang. Seorang pegawai telah mendokumentasikan penemuan tersebut di dalam catatan hariannya.
1942 : Penampakan The Flying Dutchman kembali terlihat oleh awak kapal laut militer M.H.S Jubilee di dekat Cape Town di bulan agustus 1942.
1959 : Awak kapal Straat Magelhaen kembali melaporakan melihat sebuah kapal misterius yg terombang-ambing ditengah lautan dalam keadaan kosong dengan teleskopnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar harus menggunakan kata-kata yang sopan.