Rabu, 27 November 2013

Lebih dulu ayam atau telur

Lebih dulu ayam atau telur, ya...? Tentu saja pertanyaan seperti ini sering kalian temukan dimana saja atau bahkan kalian sendiri juga pernah memikirkan pertanyaan ini. Nah, apa kalian tau jawabannya mana yang lebih dulu...?






Mungkin kalian punya jawaban versi kalian sendiri masing-masing, mungkin beberapa orang menjawab, "Duluan ayamlah...! Karena telor nggak akan bisa menetas kalo nggak dierami." Tapi sebagian juga ada yang jawab duluan Telur karena, "Duluan telorlah...! Karena Ayam itu menetas dari telor"

Baru-baru ini muncul lagi sebuah jawaban dengan pendekatan ilmiah. Mengutip Vivanews dari laman Popsci, peneliti mengungkapkan bahwa telur muncul lebih dulu dari ayam. Alasannya, ayam yang hidup hari ini  adalah hasil dari proses evolusi. Menurut temuan peneliti, di masa lalu, ada burung yang mirip seperti ayam yang membuat keturunan. Namun, karena mengalami beberapa mutasi DNA yang melebihi batas, akhirnya keturunan yang dihasilkan melalui telur itu lahirlah ayam generasi baru yaitu ayam seperti sekarang ini.

Adapun pendapat lainya yang senada dan menguatkan bahwa telur muncul lebih dahulu yaitu sisi evolusi telur.

Ada banyak karakteristik dari telur jenis unggas modern, meliputi bentuk bujur dan asimetris serta cangkang yang keras, menunjukkan berada pada tempat di mana burung-burung berusaha menghindar dari para dinosaurus sekitar 150 juta tahun yang lalu.


"Banyak ciri-ciri yang kita lihat dalam telur burung berevolusi, bahkan sebelum zaman burung di kehidupan dinosaurus jenis theropoda," kata Darla Zelenitsky, peneliti University of Calgary, Kanada.
Sementara itu, ditemukan pula petunjuk lainnya dari sejarah telur unggas yang terjadi setidaknya 150 juta tahun lalu, yaitu saat rangkaian evolusi vertebrata berkaki empat menghasilkan telur ketuban.

Pada evolusi tersebut embrio dalam telur vertebrata dikelilingi oleh tiga selaput cairan yang menyediakan makanan, perlindungan, dan jalan bernapas. Hal itu dapat dijumpai pula pada telur ayam yang ada saat ini.

James R. Stewart, ahli fisiologi reproduksi East Tennessee State University, AS, menambahkan bahwa telur ketuban awal mengandung sejumlah besar bagian kuning, seperti yang ada pada telur ayam. "Anda juga melihatnya pada burung, buaya, dan ular," jelasnya.

Itulah beberapa pendekatan mengenai manakah yang lebih dulu ada antara ayam dan telur.

"Berarti yang muncul duluan itu adalah AYAM...! Sorry, yang bilang telor muncul lebih dahulu~~~"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar harus menggunakan kata-kata yang sopan.