Google+ Followers

Jumat, 19 April 2013

Mitos Gagak Hitam di Indonesia (Kuro Karasu)


    Burung berbulu hitam pekat ini,beda memikat dalam sudut supernatural yang tinggi,diantara jenis burung-burung lain gagak ialah burung yang spesifik memiliki tingkat kecerdasan yang relatif tinggi.menurut metologi burung Gagak sering dikaitkan dengan sesuatu hal yang buruk,dan secara leluhur jawa gagak simbolis misterius

Burung Gagak dianggap suatu pertanda akan ada kesulitan yang bakal timbul. karena nilai histerius dan misteri masih berunsur kental dimasyarakatnya.Kehadiran Gagak Hitam bisa juga diartikan sebagai penjemput ajal. Bila Burung Gagak berputar putar di atas rumah, konon akan ada penghuni rumah yang segera meninggal. Gagak Hitam memang paling suka dengan bangkai. Begitu ada bangkai, rombongan Gagak akan langsung datang berbondong bondong mengerubuti bangkai itu. Kedatangan Gagak di perkampungan atau sekitar perumahan merupakan suatu tanda bahwa di tempat itu akan ada makhluk yang jadi bangkai atau sang burung penanda akan ada orang meninggal disekitar tempat yang dijamu burung gagak dengan celoteh yang menjerit akan haus akan makanan(mayat).

          Menurut kepercayaan Orang Jawa, bila ada orang yang sedang sakit lalu terdengar suara burung Gagak Hitam, itu menandakan orang yang sakit akan segera mati. Orang yang menjelang ajal itu memang sudah menebarkan aroma khas bau mayat. Burung Gagak mempunyai insting dan penciuman yang sangat tajam, bahkan radiusnya bisa ribuan km, dan Burung Gagak merupakan salah satu burung pemakan bangkai. Ada pula kepercayaan yang mengaitkan sate Gagak untuk memanggil Gendruwo. Banyak yang mempercayai salah satu cara untuk memanggil Gendruwo adalah dengan membakar sate Gagak, karena Burung Gagak adalah makanan kesukaan dan binatang peliharaan Gendruwo. makhlus halus sebangsa genderuwo sangat menunjuk dan haus akan hembus bau bakaran gagak,hal yang gelap dan lembab itu tempat atau sarang makhluk ini,

            Memanggang Burung Gagak di tempat kuburan yang angker akan mendatangkan berbagai macam makhluk halus dan arwah penasaran. Untuk melakukan Ritual Pesugihan “Sate Gagak”, cukup memanggang daging Gagak di areal kuburan yang angker, kemudian dalam waktu singkat arwah arwah orang yang mati penasaran akan menghampiri bau harum sesajen yang disediakan lengkap dengan keadaan fisik mereka waktu meninggal. Bila ingin melakukan ritual ini, Kita harus memiliki keberanian dan mental yang kuat.Gagak menyudut mistik diomongan halayak masyarakat hingga sekarang meski tekhnologi membayangi kehidupan saat ini.

        Sebagai orang beriman, tentu haram hukumnya mempercayai takdir diatas garis illahi,dan bahwa telah dalam ketentuan takdir tuhan kematian atau maut diatur berada dikuasa-NYA . hal apapun yang berdalil tentang penentuan kematian seseorang kita tidak perlu yakin karena hanya tuhan yang maha tahu,mau apaun atau tujuan-tujuan tertentu tetap kita tidak bisa memungkiri adanya itu. karena,mitos itu sesungguhmya menurut saya,opini atau argumen mentah yang kompleks muncul karena adanya turun temurun kisah atau penambahan kata dari orang satu ke orang lainya,dengan dalil "katanya" ataupun "jarene" secara bahasa jawa..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar harus menggunakan kata-kata yang sopan.