Google+ Followers

Sabtu, 20 April 2013

Boeka Okiku dari Jepang

Okiku, Misteri Boneka Seram dari Jepang!



Selain teknologinya yang maju, Jepang juga dikenal dengan cerita mistisnya. Salah satunya adalah boneka Okiku. Pernah mendengar tentang jenglot? Yup, bisa dibilang, boneka Okiku adalah jenglot ala Jepang. Berikut kisahnya.

Awalnya, boneka ini dibeli tahun 1918 oleh seorang pemuda bernama Eikichi Suzuki di Sapporo. Di sana ia melihat sebuah boneka cantik Jepang dengan Kimono. Boneka ini memiliki ukuran tinggi 40 sentimeter (16 in), berpakaian kimono dengan mata hitam seperti manik-manik dan memiliki rambut yang lebat. Boneka ini dibeli Eikichi untuk adiknya yang berumur 2 tahun yang bernama Okiku. Okiku sangat menyenangi boneka ini dan memainkannya setiap hari. Tapi sayang, ia meninggal tak lama setelah itu karena terkena demam.

Pada saat pemakaman, keluarga gadis tersebut bermaksud memasukkan boneka ke dalam peti matinya. Namun entah mengapa mereka lupa. Lalu mereka menempatkan boneka itu di altar rumah tangga dan berdoa untuk setiap hari dalam rangka memperingati Okiku.

Beberapa waktu kemudian, mereka melihat rambut mulai tumbuh. Menurut cerita ini merupakan roh dari gadis itu yang berlindung di dalam boneka itu.

Tahun 1938 keluarga Suzuki pindah ke Shakalin, boneka Okiku akhirnya dititipkan di kuil Mannenji di Hokkaido. Menurut pendeta di kuil itu, boneka tradisional Jepang ini awalnya memiliki rambut pendek. Namun seiring waktu, rambut boneka Okiku terus bertambah panjang hingga ke lutut boneka. Menurut cerita, rambut boneka ini akan terus tumbuh meskipun telah dipotong secara berkala.

Tiap tahun tanggal 21 pada bulan-bulan tertentu, di kuil Mannenji diadakan ritual pemotongan rambut sang boneka. Kabarnya, pengunjung yang berziarah ke kuil tersebut sering melihat mata sang boneka berkedip kepada mereka. Keanehan lain yang dimiliki boneka ini adalah sejak Perang Dunia ke2, mulut boneka ini dikabarkan membuka sedikit demi sedikit (hii sereem :o)

Tidak ada yang bisa menjelaskan
dengan pasti mengapa rambut boneka itu terus tumbuh. Namun, suatu pemeriksaan ilmiah terhadap boneka itu mengatakan bahwa rambut itu memang jenis rambut untuk seumuran anak muda.

Percaya atau tidak?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar harus menggunakan kata-kata yang sopan.