Google+ Followers

Kamis, 02 Januari 2014

2014 Jakarta masih dibayangi BANJIR

Banjir... Sepertinya kata itu telah menjadi sebuah arti yang sudah cukup dimengerti oleh semua orang, khususnya wilayah ibukota JAKARTA.

Meski ramalan cuaca hujan tidak separah tahun-tahun sebelumnya, namun di 2014 ini Banjir masih ingin berteman dengan kota itu.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mencatat, wilayah Jakarta masih dibayangi potensi hujan dengan level menengah dan genangan banjir. Tercatat, sejumlah titik rawan banjir di antaranya berada di wilayah Jakarta Pusat meliputi Cempaka Putih, Gambir, Petamburan, Sawah Besar, Senen, Tanah Abang, Kemayoran, Matraman, dan Menteng. Kemudian untuk Jakarta Timur setidaknya ada tujuh titik rawan banjir yaitu Cakung, Kramat Jati, Pulogadung, Ciracas, Jatinegara, Kampung Makasar, Cipayung.

 Sementara di wilayah Jakarta Barat meliputi Cengkareng, Kalideres, Taman Sari, Grogol, Kebon Jeruk dan Kembangan. Adapun di wilayah Jakarta Utara beberapa titik juga rawan banjir yakni Cilincing, Pademangan, Tanjung Priok, Kelapa Gading Penjaringan, Pesanggrahan dan Koja.

Sedangkan untuk wilayah Jakarta Selatan, daerah rawan banjir terdapat di sejumlah titik yakni Cilandak, Jagakarsa, Kebayoran Baru, Kebayoran Lama, Mampang Prapatan, Pancoran, Pasar Minggu, dan Tebet.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Andi Eka Sakya mengatakan, intensitas curah hujan khususnya di wilayah Jakarta masuk kategori berintensitas sedang. Di awal Januari 2014 sebanyak 1 Zona Musim (ZOM) sebesar 0,3 persen, Februari 2014 sebanyak 1 ZOM (0,3 persen), Maret 2014 sebanyak 8 ZOM ( 2,3 persen), April 2014 sebanyak 1 ZOM (0,3 persen), dan Mei 2014 sebanyak 1 ZOM (0,3 persen).

"Jadi... Masyarakat yang berharap akan banjirnya cepat surut itu mustahil, apalagi dengan meminta bantuan gubernur itu juga mustahil. Kenapa saya bilang mustahil...? Ya karena itu salah anda sendiri!"

"Nggak mungkin suatu bencana suatu permasalahan timbul tanpa ada kesalahan dalam diri anda atau masyarakat lainnya"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar harus menggunakan kata-kata yang sopan.