Google+ Followers

Minggu, 03 Februari 2013

Jejak Kehidupan di Mars ?

Mars menjadi benda langit yang menarik perhatian mengenai kemungkinan untuk dapat ditinggali, Mars telah diteliti sejak abad ke-17 dan dua abad kemudian diketahui adanya kemiripan antara Mars dan Bumi. Wahana antariksa menunjukkan foto misterius di Mars yang apabila di "zoom" akan kelihatan seperti ukiran wajah, tengkorak hewan, tengkorak manusia dan patung manusia. Tapi foto tersebut tampaknya perlu identifikasi lebih lanjut.

NASA (badan antariksa Amerika) dengan teknologinya melakukan eksplorasi-eksplorasi ke luar angkasa dan planet-planet dalam tata surya, termasuk Mars. Pada Tahun 1976 NASA mengirim Viking ke Mars, kemudian NASA merilis foto yang diambil Viking. Foto Mars terlihat memiliki langit berwarna merah.

Selama bertahun-tahun kita mengenal Mars sebagai planet merah dan udaranya yang banyak mengandung karbondioksida menyebabkan kita harus menggunakan alat bantu pernafasan agar bisa berada disana. Begitu juga dengan film-film fiksi ilmiah, yang menunjukkan warna merah pada hampir semua unsur yang terdapat di planet Mars.

Tahun 2004, Departemen JPL NASA merilis foto Mars dengan langit berwarna biru. Foto tersebut diambil oleh wahana spirit rover. NASA memberi keterangan bahwa foto Mars yang berwarna merah diambil pada saat terjadi badai debu disana.

Pada tahun yang sama, Mars juga mengejutkan dunia dengan foto yang terlihat seperti sepotong kayu. Ini memunculkan teori bahwa pada masa lampau terdapat hutan di Mars. Selain itu, foto indahnya matahari terbenam di Mars juga dirilis.

Misi Viking tahun 1976 tetap dilanjutkan, tahun 2002 Rovers terpelanting saat akan mendarat di Mars, tahun 2008 Phoenix berhasil mendaratkan ketiga kakinya di permukaan Mars. Dunia kembali menahan nafas mengenai kemungkinan adanya kehidupan selain di Bumi. Setelah 10 bulan melakukan perjalanan, Mei 2008 Phoenix mencapai Mars untuk meneliti kutub utara disana. Memang tidak ada yang mengucapkan “halo” disana, tapi berkat misi ini kita dapat mengetahui adanya kandungan air pada bebatuan di Mars.


Ada beberapa foto Mars yang unik, yaitu foto yang menunjukkan simbol pada permukaan Mars yang ternyata simbol tersebut juga terdapat pada kuil kuno yang ditemukan tahun 1750 di Brazil. Selain itu, salah satu foto Mars terlihat seperti terdapat gua pada bukit yang berada disana. Foto seperti gua ini, bukan di identifikasi oleh ilmuwan NASA.

Tahun 1996, NASA dan pemerintah Amerika mengumumkan bahwa Meteorit yang jatuh ke bumi 13.000 tahun lalu (ditemukan tahun 1984) dengan kode Allen Hills (ALH) 84001 sepertinya mengandung bakteri dari Mars. Tapi sejumlah ilmuwan menganggap Meteorit tersebut telah terkontaminasi, penemuan ini kemudian tidak lagi disinggung. NASA tidak berhenti melakukan penelitian, dengan mikroskop elektron resolusi tinggi (teknologi yang belum ada tahun 1996) penemuan ini kembali diperdebatkan. Apabila memang terdapat bakteri di Mars, ini mungkin akan menjadi penemuan sains terbesar abad ini.

Mars memiliki langit biru layaknya Bumi, mungkinkah suatu ketika manusia bisa menginjakkan kaki disana dan membangun koloni ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar harus menggunakan kata-kata yang sopan.