Google+ Followers

Jumat, 01 Februari 2013

Catatumbo, Si petir Abadi

Petir Abadi. Wow!! Baca atau denger kata itu pasti kita membayangkan kilatan kilatan cahaya dan gemuruh suara yang terjadi terus menerus tanpa berhenti. Menakutkan banget kayaknya ya… Tapi petir abadi tidak semenakutkan itu. Bahkan petir ini berguna juga bagi manusia. Mau tahu tentang petir abadi ini lebih banyak? Silahkan baca di postingan ini saja. Saya akan berusaha menuangkan semaksimal mungkin yang saya tahu tentang petir abadi ini.
Petir Abadi ini disebut juga Petir Catatumbo. Disebut Petir Catatumbo karena petir ini terjadi di muara sungai Catatumbo di Danau Maracaibo, Venezuela. Sebenarnya petir ini sama dengan petir petir lainnya. Terjadi karena adanya gesekan antar awan yang menimbulkan kilatan kilatan cahaya dan bunyi gemuruh. Lalu kenapa isebut petir abadi? Karena petir ini terjadi 140 - 160 malam dalam setahun, selama 10 jam tiap malam, dan lebih dari 280 kali kilatan dalam 1 jamnya (berarti lebih dari 4 kilatan dalam satu menit tuh). Jadi dalam satu malam biasanya terjadi lebih dari 2800 petir. Artinya dalam satu tahun berarti bisa terjadi sekitar 400.000 petir. Bisa dikatakan ini adalah petir yang cukup “permanen”. Jadi pantas bila disebut petir abadi.

Petir ini sendiri terjadi karena adanya gesekan angin/awan yang berasal dari Pegunungan Andes. Awan petir ini saling bergesekan dan menimbulkan kilatan cahaya yang panjangnya bisa mencapai 5 kilometer. Petir ini sendiri bisa terlihat dalam radius 400 kilometer. Kalau gak tau 400 kilometer tu seberapa, ya kira kira, sama kaya Semarang – Surabaya (kalau salah dicomment ya). Petir ini memiliki intensitas 400.000 ampere.

Tapi dikatakan petir ini juga berguna bagi manusia? Gunanya apa? Nah salah satu guna dari petir ini adalah karena radius pandangnya yang mencapai 400 kilometer, petir ini juga dipakai oleh para pelaut sebagai navigasi. Petir ini dijadikan patokan arah oleh para pelaut. Tu salah satu gunanya. Guna yang lain mungkin saja bisa digunakan sebagai sumber energi. Bisa gak ya?? Ya misalkan petir ditampung di suatu wadah digunakan sebagai pembangkit listrik. Kan lumayan tuh..ada 400.000 petir dalam setahun coba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar harus menggunakan kata-kata yang sopan.